DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Sehari Bersama Bea Cukai Bandar Lampung dan PT LDC Indonesia

28 Februari 2018

Pada Rabu, 28 Februari 2018, KPPBC TMP Bandar Lampung (Bea Cukai Bandar Lampung) melaksanakan kegiatan Customs Visit Customers ke PT LDC Indonesia. PT LDC Indonesia merupakan salah satu kawasan berikat yang berada di wilayah kerja Bea Cukai Bandar Lampung. 

Kegiatan dimulai dengan pengenalan core business PT LDC Indonesia yang disampaikan oleh Arie Rizki selaku Plant Manager. Core business PT LDC Indonesia di Lampung adalah palm oil refinery, biodiesel plant, Robusta coffee plant, dan ISAB bulking station and port. PT LDC Indonesia juga telah mendapat sertifikat ISO, sertifikat halal, dan sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Bea Cukai Bandar Lampung. Pemaparan pertama adalah sosialisasi tentang Kawasan Berikat Mandiri yang disampaikan oleh Nur Cahyono Mustika Jati selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Kawasan Berikat Mandiri adalah salah satu fasilitas terbaru yang saat ini masih dalam tahap uji coba sebagaimana yang diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-411/BC/2017 tentang Uji Coba Penerapan Kawasan Berikat Mandiri. 

Selanjutnya adalah sosialisasi tentang Authorized Economic Operator (AEO) atau Operator Ekonomi Bersertifikat yang disampaikan oleh Ariek Sulistyo Kusumo selaku Kepala Subseksi Penyuluhan. Authorized Economic Operator adalah Operator Ekonomi yang mendapatkan perlakukan kepabeanan tertentu karena telah mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. 

 

Pemaparan selanjutnya adalah pemaparan penerimaan Bea Cukai Lampung yang disampaikan oleh Agus Sulistyo selaku Kepala Seksi Perbendaharaan. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan sharing session yang difasilitasi oleh Bambang Suhariyadi selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI.

 

Pada akhir acara, PT LDC Indonesia menyampaikan bahwa koordinasi antara PT LDC Indonesia dengan Bea Cukai Bandar Lampung sudah semakin tajam dan semakin baik. Kegiatan ditutup dengan sesi pemberian plakat dari Bea Cukai Bandar Lampung kepada PT LDC Indonesia dan foto bersama. Bea Cukai Bandar Lampung juga mendapat kesempatan berkeliling untuk melihat proses bisnis PT LDC Indonesia.  

[BA, Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B Bandar Lampung]


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241